Pertemuan ke 10

24 05 2009

PERTEMUAN 10

SISTEM PENGENDALIAN INTERN (SPI).

I. Definisi SPI.

SPI adalah suatu struktur pengendalian yg terdiri dari kebijakan & prosedur yg diciptakan untuk memberikan jaminan yang memadahi agar tujuan organisasi dapat tercapai.

II. Konsep Dasar SPI.

a. Tanggung jawab manajemen

Manajer memiliki 2 pilihan luas dengan memperhatikan pengendalian.

– Mereka dapat mengandalkan orang-orang untuk melatih pengendalian diri (internal) atas tingkah lakunya sendiri.

– Aletrnatif lain, manajer dapat mengambil tindakan langsung (external) untuk mengendalikan tingkah laku orang lain

b. Kepastian wajar.

c. Metode pengolahan data.

d.  Keterbatasan.

III. Tujuan Pokok SPI.

a. Menjaga kekayaan.

b. Mendorong efesiensi.

c. Mendorong dipatuhinya peraturan & kebijaksanaan.

d. Mengecek ketelitian dan keandalan data.

IV. Tujuan Lain SPI.

a. Otorisasi tepat.

b. Transaksi dicatat.

c. Klasifikasi tepat.

d. Transaksi sah.

e. Dimasukkan dalam catatan tambahan.

IV. Elemen/Unsur SPI.

a.   Lingkungan pengendalian, Lingkungan pengendalian perusahaan mencakup sikap para manajemen dan karyawan terhadap pentingnya pengendalian yang ada di organisasi tersebut. Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap lingkungan pengendalian adalah filosofi manajemen (manajemen tunggal dalam persekutuan atau manajemen bersama dalam perseroan) dan gaya operasi manajemen (manajemen yang progresif atau yang konservatif), struktur organisasi (terpusat atau terdesentralisasi) serta praktik kepersonaliaan. Lingkungan pengendalian ini amat penting karena menjadi dasar keefektifan unsur-unsur pengendalian intern yang lain.

b. Sistem akuntansi. Kegunaan sistem akuntansi adalah mengidentifikasikan, menggabungkan, mengklasifikasikan, menganalisa, mencatat dan melaporkan transaksi satu satuan usaha dan untuk mengelola akuntabilitas (tanggung gugat) atas aktiva terkait. Sistem akuntansi yang efektif harus memenuhi semua dari tujuh tujuan rinci pengendalian intern.

c.   Pengendalian prosedur, Prosedur pengendalian ditetapkan untuk menstandarisasi proses kerja sehingga menjamin tercapainya tujuan perusahaan dan mencegah atau mendeteksi terjadinya ketidakberesan dan kesalahan. Prosedur pengendalian meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Personil yang kompeten, mutasi tugas dan cuti wajib.
  • Pelimpahan tanggung jawab.
  • Pemisahan tanggung jawab untuk kegiatan terkait.
  • Pemisahan fungsi akuntansi, penyimpanan aset dan operasional.

V. Alasan Diperlukannya SPI.

a. Dari sudut klien.

1. Penyediaan data. Manajemen bertanggung jawab dalam menyiapkan laporan keuangan bagi investor, kreditor, dan pengguna lainnya. Manajemen mempunyai kewajiban hukum dan profesional untuk menjamin bahwa informasi telah disiapkan sesuai dengan standar pelaporan, misalnya prinsip akuntansi yang berlaku.

2. Mengamankan aktiva. Merupakan bagian penting dari efektifitas dan efesiensi, yang dimana jika tidak dilindungi oleh pengendalian yang memadai dapat dicuri, disalahgunakan atau dirusak. Kondisi yang sama berlaku untuk aktiva non fisik seperti piutang usaha, dokumen penting (kontrak rahasia dengan pemerintah), dan catatan-catatan (buku besar dan jurnal). Perlindungan aktiva dan catatan tertentu meningkat kepentingannya sejak lahirnya sistem komputer. Sejumlah besar informasi disimpan dalam wadah komputer seperti pita magnetis (magnetic tape) yang dapat dirusak kalau tidak dilakukan perlindungan.

3. Efesiensi operasi. Pengendalian dalam sebuah organisasi adalah alat untuk mencegah kegiatan pemborosan yang tidak perlu dalam segala aspek usaha dan untuk mengurangi penggunaan sumber daya yang tidak efesien dan tidak efektif.

4. Taat kebijakan. Banyak sekali hukum dan peraturan yang harus diikuti oleh perusahaan. Beberapa diantaranya berkaitan tidak langsung dengan akuntansi, misalnya : UU Lingkungan Hidup, UU Perburuhan. Peraturan yang lain sangat berkaitan erat dengan akuntansi. Contohnya UU Perpajakan dan UU Persero Terbatas.

b. Dari sudut auditor.

1. Perencanaan audit.

2. Penentuan waktu.

3. Penentuan sifat.

4. Luas pengujian.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: